Yuk Mengenal kalium dan manfaatnya dalam kehidupan manusia

Yuk Mengenal kalium dan manfaatnya dalam kehidupan manusia



Kalium

Kalium yaitu unsur kimia berlambang K yang termasuk juga dalam kelompok Alkali tanah. Kalium kerapkali dimaksud dengan nama potasium. Kalium diketemukan pada semua badan manusia berbentuk elektrolit yang intinya diketemukan paling banyak di system pencernaan.

Tanda-tanda kalium dalam unsur logam yaitu :

Berupa logam padat tetapi lunak
Mempunyai warna putih keperakan.
Sangatlah reaktif di air.
Gampang teroksidasi dengan hawa.
Karakter kimiawi sangatlah serupa dengan natrium.

Di pada badan manusia kalium berbarengan natrium serta sodium bertugas untuk melindungi kesetimbangan muatan elektrolit dalam cairan badan yaitu dengan melindungi keseimbangan pada konsumsi yang didapat dari makanan serta sisi yang dibuang. Nyaris beberapa besar kalium dikeluarkan dari badan manusia lewat urin serta beberapa yang lain lewat tinja/feses.

pisang juga sebagai sumber Kalium
Fungsi kalium berbarengan dengan unsur lain dalam elektrolit

Berat tubuh kita 60% terbagi dalam air. Konsentrasi air paling tinggi ada pada sel otot serta organ yang bekerja berat seperti jantung serta paru-paru. Sedang pada jaringan seperti gigi serta tulang mempunyai konsentrasi air paling rendah pada badan manusia. Agar tak kekurangan cairan badan, jadi manusia disarankan konsumsi air sejumlah 1ml setiap badan kita membakar kalori sebesar 1 kkal. Besarnya cairan yang dibutuhkan pada badan serta mesti kita penuhi keseharian dapat kita kenali dengan mengkalkulasi keseluruhan jumlah air yang keluar dari badan kita. Rata-rata, badan bakal kehilangan cairan sebesar 2, 5 liter per 24 jam, yang diperinci seperti berikut :

Cairan sejumlah 1, 5 liter keluar dari badan berbentuk urin.
Cairan sejumlah 500 ml keluar dari badan berbentuk keringat.
Cairan yang keluar dari badan sejumlah 400ml berbentuk uap air lewat sistem pernafasan.
Sejumlah 100ml keluar berbarengan tinja.

Jadi bila ditotal, jadi kita memerlukan 2, 5 liter air agar terus sehat, atau dapat dikonversi jadi 8-10 gelas /hari. Air adalah komponen paling banyak pada badan manusia, sudah pasti air mempunyai manfaat yang utama. Manfaat air yaitu seperti berikut :

Membawa zat utama seperti karbohidrat, vitamin serta mineral.
Membawa oksigen ke semua badan.
Keluarkan bekas hasil metabolisme seperti nitrat serta karbondioksida.
Melembabkan jaringan badan seperti hidung, mulut serta mata.
Pelumas pada sendi.
Katalisator reaksi biologis dalam sel badan.
Pelindung organ pada badan.
Melindungi konsentrasi zat terlarut dalam badan
Melindungi suhu badan terus di angka 37 derajat celsius.

Distribusi cairan berlangsung lewat intraseluler serta ekstraseluler. Intraseluler yaitu didalam sel serta ekstraseluler yaitu di luar sel. Cairan ini dipisahkan oleh membran sel. Seputar 67 % cairan badan yaitu intraseluler, sedang bekasnya yaitu ekstraseluler. Distribusi dari ke-2 type cairan ini bergantung pada makromolekul serta jumlah elektrolit dalam ke-2 type cairan itu. Serta disinilah peran Kalium. Kalium termasuk juga dalam kation, yaitu elektrolit yang bermuatan positif (K+). Karenanya ada kalium (serta kawan-kawannya) jadi cairan bisa bertukar tempat dari serta diluar sel. Dengan hal tersebut bahan makanan bisa terdistribusi dengan baik.

0 Response to "Yuk Mengenal kalium dan manfaatnya dalam kehidupan manusia"

Posting Komentar

wdcfawqafwef