Tips menyimpan sayuran yang benar agar tetap awet segar

Tips menyimpan sayuran yang benar agar tetap awet segar



Panduan menaruh sayuran

Anda seseorang ibu rumah-tangga atau seorang yang hoby sekali memasak pasti pernah alami satu saat sayuran yang anda kehendaki untuk dimasak telah rusak waktu anda mengambilnya dari almari es. Walau sebenarnya sayur itu belum lama dibeli serta ada di almari es. Mungkin hal semacam itu berlangsung lantaran kekeliruan dalam penyimpanannya. Oleh karenanya tak ada kelirunya bila anda memerhatikan panduan menaruh sayuran di bawah ini. Panduan ini mempunyai tujuan untuk bikin sayura yang anda taruh bertahan lama. panduan menaruh sayuran segar
Panduan menaruh sayuran dengan kulkas

Pendinginan yaitu salah satu cara untuk mengawetkan bahan makanan tanpa ada mengubah karakter kimiawinya. Hal semacam ini ditujukan untuk memperlambat pengerusakan bahan makanan oleh bakteri yang tidak bisa bekerja pada suhu di bawah normal. Yaitu almari es yang umum dipakai untuk menaruh bahan makanan rumah tangga. Hal semacam ini karena almari es sangatlah praktis serta ekonomis. Pendinginan bisa perpanjang saat gunakan sayuran dengan tak mengubah unsur atau cuma kurangi sedikit dari kandungan yang ada di dalamnya. Sedang pembekuan atau freezing yaitu penyimpanan bahan makanan di bawah titik beku satu bahan, umumnya di bawah -10 derajat celsius. Pembekuan bisa bikin bahan makanan tahan sampai berbulan-bulan, bahkan juga bertahun-tahun lantaran bakteri sekalipun tak aktif. Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam menaruh sayuran, sebaiknya anda memerhatikan beberapa hal ini :

Suhu

Penyimpanan dengan pendinginan dikerjakan ke kulkas dengan kisaran suhu pada -1 sampai +4 derajat celsius. Pada suhu ini, jadi perkembangan bakteri bakal terhalang. Walau demikian tak seluruhnya bahan makanan bisa disimpan dalam rentang suhu itu. Seperti umpamanya pisang serta tomat yang bakal alami chiling injury berbentuk pergantian warna kulit jadi coklat kehitaman serta teksturnya rusak bila disimpan di bawah suhu 13 derajat celsius.

Kesegaran

Sayuran yang disimpan didalam kulkas mesti sayuran yang masih tetap fresh, hingga umur penyimpanan lebih lama serta kwalitas kandungannya terbangun dengan baik. Apabila sayuran dalam situasi busuk jadi pembusukan bakal menular pada yang lain.

Lama penyimpanan

Saat penyimpanan dapat tidak sama pada tiap-tiap sayuran. Misalnya yaitu brokoli cuma dapat disimpan sepanjang 14 hari, wortel dapat meraih 6 minggu, kacang buncis cuma 10 hari.
Panduan menaruh sayuran pada suhu kamar

Sayuran bisa disimpan ditempat terbuka dengan suhu kamar tetapi sudah pasti mempunyai saat taruh yg tidak sama juga dengan penyimpanan dengan pendinginan di kulkas. Untuk memperoleh hasil penyimpanan yang optimal dalam suhu kamar, cermati hal di bawah ini.

Sanitasi

Ini yaitu hal yang paling utama. Sanitasi mesti baik serta di dukung aliran hawa yang baik. Suhu hawa yang sejuk serta kering bikin sayuran bisa disimpan lebih awet serta lebih tak gampang rusak.

Kebersihan

Kebersihan ruang serta area untuk menyimpan sayuran dapat punya pengaruh pada lama sayuran disimpan. Sayuran yang di taruh ditempat lembab, kotor atau basah jadi bakal cepat jadi busuk.

Cara menyimpan

Janganlah tempelkan sayuran pada dinding serta lantai lantaran bakal mempercepat pelunakan. Cermati ketebalan tumpukan sayuran lantaran bila terlampau tidak tipis bakal bikin sayuran yang paling bawah bakal rusak tertimpa.

Sekian panduan menaruh sayuran agar awet dengan pendingin atau suhu kamar. Semoga berguna.

0 Response to "Tips menyimpan sayuran yang benar agar tetap awet segar"

Posting Komentar

wdcfawqafwef