Mineral penting dalam tubuh manusia

Mineral penting dalam tubuh manusia



Type Mineral utama pada badan manusia

Terkecuali air juga sebagai bahan paling utama penyusun badan manusia, ada mineral yang mendukungnya. Mineral yang ada pada badan manusia bisa dibagi jadi dua type, yaitu :

Mineral makro yang menyumbang 1 % dari berat tubuh kita. Badan manusia memerlukan mineral makro ini sekurang-kurangnya 1000 mg /hari. Mineral makro ini diantaranya yaitu Kalium, Natrium, Magnesium, Kalsium, Klorida, Sulfur serta Fosfor.
Mineral mikro menyumbang 0, 01 % dari berat tubuh kita. Keperluan bakal mineral makro diprediksikan sebesar 100 mg /hari. Mineral makro ini diantaranya yaitu Seng, Silisium, Mangan, Besi, Yodium, Fluoride, Tembaga serta Kromium.

Dari demikian banyak mineral itu, baik makro serta mikro, yang paling banyak keluar dari badan manusia intinya keringat yaitu kalium, natrium serta klorida. Semakin banyak seseorang manusia keluarkan keringat, jadi badannya bakal makin banyak kehilangan tiga type mineral itu. Oleh karenanya bakal merasa lemas serta kurang bertenaga. Manusia mesti minum air yang memiliki kandungan mineral agar tak berlangsung dehidrasi.

air mineral
Mengetahui mineral Kalium

Kalium pada badan manusia paling banyak ada pada cairan intraseluler, seputar 90 %. Konsentrasi kandungan kalium pada badan manusia yaitu lebih kurang 2 gr per kg berat tubuh. Dengan cara keseluruhan, keperluan manusia bakal mineral ini yaitu seputar 782 mg /hari. Keunggulan kalium bakal dikeluarkan oleh badan berbarengan dengan urin serta keringat. Manfaat kalium diantaranya :

Mengatur keseimbangan cairan elektrolit
Mengatur kandungan asam basa pada badan manusia
Mempunyai peran dalam transmisi saraf
Pengatur enzim
Ikut serta dalam kontraksi otot

Kalium yaitu mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang serta gigi dan mengatur kesibukan otot serta vitalitasnya. Kekurangan kalium bisa menyebabkan fatal, yaitu munculnya satu penyakit yang dimaksud hipokalemia. Pada situasi hipokalemia enteng, tak menyebabkan tanda-tanda apa pun. Tetapi bila kekurangan kalium berlanjut, jadi bakal berlangsung hipokalemia berat yang berbuntut pada kelumpuhan otot, baik di organ gerak ataupun organ-organ yang lain.
Mengetahui mineral Natrium

Natrium banyak tersimpan dalam ciaran badan serta jaringan lunak. Manfaat natrium diantaranya :

Mengatur keseimbangan cairan elektrolit
Bertindak dalam melindungi kesibukan saraf
Mempunyai peran dalam absorbsi glukosa
Ikut serta dalam kontraksi otot

Mengetahui mineral klorida

Klorida yaitu bahan beresiko bila dalam jumlah besar serta ada di alam bebas. Tetapi di pada badan, klorida sangatlah berguna. Sudah pasti dalam jumlah yang terbatas. Manfaat klorida diantaranya :

Mengatur keseimbangan cairan elektrolit
Mengatur tingkat asam lambung
Mengatur kandungan asam basa pada badan manusia

Keunggulan klorida dalam jumlah yang masih tetap dapat ditolerir bakal dikeluarkan lewat keringat.

0 Response to "Mineral penting dalam tubuh manusia"

Posting Komentar

wdcfawqafwef